Tiang PJU Konikal Dekoratif menggunakan Duplex System

Tiang PJU Konikal Dekoratif berprofil bulat mengerucut ke atas seperti pada bentuk tiang octagonal.

Pada umumnya tiang PJU Mulcindo Pole menggunakan lapisan tahan karat melalui proses Hot Dip Galvanizing (galvanisasi celup panas).

Namun pada projek Mulcindo Pole dinas PU ingin memberikan ke masyarakat tiang yang berbeda dengan dilakukan penambahan lapisan cat diatas lapisan Hot Dip Galvanized. Istilah lapisan ganda (double coating) ini dinamakan ‘Duplex System’.

Manfaat duplex system adalah selain memberi estetika tampilan yang berbeda dengan warna, lapisan ini dapat memberikan ketahanan karat yang lebih tinggi sekitar 2.5-3.5 kali dari sebelum dilakukan pengecatan.

Dengan diselesaikannya projek Mulcindo Pole ini, maka akan membuat kondisi kota yang lebih indah & terang di malam hari, demi kenyamanan masyarakat pengguna jalan.

Apa itu Duplex System dan manfaatnya?

Melindungi logam dari efek korosi yang merusak biasanya dengan menggunakan pelapisan Powder coating, Paint atau Hot-dip galvanizing. Namun, karena kemajuan teknologi dan sistem perlindungan korosi, kedua metode ini digabungkan menjadi apa yang disebut Duplex System. Di sini kita akan melihat perlindungan dupleks, cara kerjanya dan keuntungan.

Duplex System

Sistem dupleks adalah jenis perlindungan korosi di mana lapisan Powder coating atau Paint diterapkan pada baja yang telah mengalami Hot-dip galvanizing. Ketika kedua metode ini digunakan, tingkat perlindungan korosi jauh lebih baik daripada menggunakan masing-masing sistem secara mandiri.

Powder coating atau Painting di atas baja Hot-dip galvanizing membutuhkan persiapan yang matang dan pengetahuan yang jelas tentang kedua sistem tersebut. Selama beberapa dekade, sejumlah besar produk telah menggunakan Duplex System dengan sangat efisien, termasuk menara seluler/BTS. Duplex System bisa sangat berhasil ketika Powder coating atau Painting mencapai ikatan yang sangat baik dan ada persiapan substrat yang benar dari permukaan galvanis.

Bagaimana Cara Kerja Perlindungan Dupleks?

Sebelum membuat keputusan tentang bagaimana baja akan dilindungi dari korosi, sangat penting untuk mempelajari proses korosi baja. Pada dasarnya, karat diproduksi sebagai produk sampingan dari besi. Pembentukan karat terjadi ketika ada perbedaan potensial listrik pada permukaan baja yang melibatkan katoda, anoda dan media yang menghantarkan ion, yang disebut elektrolit. Ketika elektrolit seperti air bersentuhan dengan permukaan baja, ini menghubungkan katoda dan anoda bersama-sama, menghasilkan sel korosi. Ini menghasilkan oksida besi yang terkelupas dan longgar yang disebut karat.Untuk mencapai perlindungan baja terhadap korosi, sesuatu harus menghalangi pembentukan sel korosi. Ini dapat dicapai melalui jenis penyumbatan elektrolit tertentu. Dua metode yang paling umum digunakan untuk mencegah pembentukan sel korosi adalah:

  • Perlindungan penghalang – Ini bekerja dengan memblokir semua elektrolit dari permukaan baja.
  • Proteksi katodik – Ini dicapai dengan membentuk anoda lain.
Hot-dip galvanizing dapat digunakan untuk mencapai dua jenis perlindungan di atas. Kemudian, Powder coating atau Painting di atas struktur yang telah melalui hot-dip galvanizing menawarkan lapisan tambahan perlindungan penghalang di atas lapisan seng.

Keuntungan Duplex System

Terlepas dari efek sinergis yang disebutkan di atas, ada banyak alasan lain mengapa sistem dupleks menguntungkan dan berbeda dari jenis sistem proteksi lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat tambahan dari perlindungan dupleks:

Estetika

Dengan sendirinya, baja yang telah di-hot-dip galvanized sudah menarik. Namun, ketika lapisan galvanis tidak sesuai dengan persyaratan tertentu, pelapisan bubuk atau cat dapat memberikan pengganti yang lebih estetis. Ini sempurna dalam proyek yang membutuhkan nuansa yang lebih hidup dan perpaduan sempurna dengan lingkungan. Plus, pelapisan atau pengecatan baja galvanis dapat menghasilkan perlindungan yang luar biasa terhadap korosi. Penggunaan sistem dupleks telah menjadi tren populer sebagai lapisan atas dalam struktur seperti stadion.

Perlindungan Korosi Ekstra

Karena sinergi antara galvanizing dan powder coating atau cat, akan ada perlindungan korosi yang diperpanjang, yang merupakan salah satu alasan terpenting untuk menggunakan sistem dupleks. Sistem ini bisa sangat berguna dalam pengaturan yang keras, di mana satu sistem mungkin gagal memberikan perlindungan yang memadai.

Kurang Pemeliharaan

Karena Duplex System dapat memperpanjang masa pakai struktur yang dilindungi, akan ada kemungkinan lebih besar bahwa baja akan bertahan lebih lama dari masa pakai yang diharapkan. Ini juga berarti lebih sedikit perawatan, membuat sistem ini menjadi pilihan yang lebih layak.

Keamanan dan Pengodean Warna

Duplex System juga dapat digunakan untuk memenuhi peraturan keselamatan. Sistem ini dapat meningkatkan keselamatan di berbagai lingkungan melalui penentuan jalur pejalan kaki dan area kerja yang berbahaya, kode warna pipa kimia, gas dan uap, serta membuat tanda pada saluran listrik dan peralatan bertegangan tinggi. Misalnya, menggunakan sistem dupleks pada struktur penerbangan tinggi dengan pola oranye dan putih bergantian menjamin bahwa ada kode warna yang benar tanpa membahayakan perlindungan korosi.

Pengecatan Ulang Mudah

Seperti disebutkan sebelumnya, satu hal hebat tentang mengecat di atas galvanis adalah perpanjangan siklus perawatan. Selain itu, sistem dupleks juga dapat membuat pengecatan ulang menjadi lebih nyaman. Saat cat aus, seng yang ada di cat atau pelapis galvanis bertindak sebagai penghalang dan memberikan perlindungan katodik sampai pengecatan ulang selesai. Seng yang terbuka dapat dicat ulang dengan persiapan permukaan yang minimal

Dilihat    80